Monday 23 March 2015

Yes, Yes dan Yes

(ki-ka) Steve Howe, Jon Anderson, Rick Wakeman, Bill Bruford dan Chris Squire

And you and I climb, crossing the shapes of the morning.
And you and I reach over the sun for the river.
And you and I climb, clearer, towards the movement.
And you and I called over valleys of endless seas.

MUSICOLOGY - Sepenggal bait lagu And You And I dari album Close to the Edge yang dirilis pda tahun 1972 cukup menggambarkan keindahan musik Yes yang menghipnotis dan membawa penggemarnya ke alam ganjil.

Dengan lirik yang diciptakan sang vokalis Jon Anderson, lagu ini mengajak pendengarnya mendaki gunung, melintasi sungai dan menuju laut nirbatas.

Ya, And You And I merupakan satu dari sekian banyak lagu Yes yang mengandung lirik sarat pesan mistis dan kosmik. Seolah membawa pendengarnya ke dunia lain.

Band Inggris ini sukses dengan musik progressive rock, art rock dan symphonic rock yang diusungnya.

Selain lirik nan mistis, band ini juga terkenal dengan penampilan panggungnya yang flamboyan dan lagu yang berdurasi panjang. Bahkan terkadang mereka memainkan instrumen dan aransemen vokal yang cukup kompleks.

Sembilan dari 12 album  mereka menembus sepuluh besar tangga lagu di Amerika Serikat dan Inggris. Dua di antaranya memuncaki tangga lagu di Negeri Ratu Elizabeth.

Yes telah menjual 13,5 juta kopi album di AS. Wow, sebuah pencapaian yang sangat brilian dan pantas disematkan gelar band legenda.


(ki-ka) Steve Howe, Chris Squire, Bill Bruford, Jon Anderson dan Rick Wakeman
Sekadar kilas balik, adalah Squire yang pertama membentuk Yes pada tahun 1968 bersama penyanyi Jon Anderson. Sementara Squire dan gitaris Peter Banks telah tampil bersama di band The Syn dan Mabel Greer's Toyshop.

Anderson dan calon penabuh drum Yes kala itu, Bill Bruford kemudian bergabung dengan Mabel Greer. Seiring berjalan waktu band ini berganti nama menjadi Yes. Lalu Tony Kaye, sang kibordis, melengkapi formasi pertama Yes.

Formasi pertama Yes ini sempat merilis dua album yakni Yes (1969) dan Time and Words (1970). Ketika itu, Yes masih mengusung aliran musik Psychedelic Rock, dan belum bermain di ranah musik rumit ala Progressive Rock.

Pada dekade 1970-an, Yes merilis sejumlah album yang disebut-sebut sebagai era keemasan band asal London tersebut.

Sebut saja album yang mereka rilis saat itu: The Yes Album (1971), Fragile (1971), Close to the Edge (1972),  Tales from Topographic Oceans (1973), Relayer (1974) dan Going for the One (1977).

Di periode ini pula, terjadi bongkar pasang para punggawa Yes. Di antaranya, Steve Howe yang menggantikan Banks pada 1970, Rick Wakeman yang menempati posisi kibor dan Bruford digantikan drummer Alan White.

Sebelum digantikan Wakeman, Kaye sempat mengisi album The Yes Album. Lalu, Wakeman sempat digantikan Patrick Moraz di album Relayer. Hingga kemudian, Wakeman kembali bergabung di album Going for the One.

Sementara Bruford keluar pada 1972. Saat itu, Yes hendak menggelar tur untuk mempromosikan album Close to the Edge. Posisi Bruford digantikan oleh penggebuk drum band Plastic Ono, Alan White. 

Hingga kekinian, Yes masih aktif di dunia musik. Terhitung sejak Februari 2012, mereka beranggotakan vokalis Jon Davidson, gitaris Steve Howe, pemain bas Chris Squire dan kibordis Geoff Downes dan penabuh drum Alan White.

RAS/23032015

No comments:

Post a Comment